Arsip Tag: Korupsi

Negaranya orang-orang pintar

Assalamualaikum wr wb 🙂

Ide tentang tulisan ini saya peroleh ketika sedang menyimak mata kuliah Pendidikan Pancasila oleh Bapak Armaidi, pada kesempatan tersebut beliau berkata bahwa “Negara ini berdiri dan dirumuskan oleh orang-orang yang pintar ! Panitia 9 PPKI itu isinya orang-orang yang intelek luar biasa.” Perkataan beliau membuat saya penasaran untuk kemudian membaca artikel yang berkaitan

Dan wow ! Perkataan beliau benar sekali, Para anggota panitia 9 PPKI memang orang-orang yang Extraordinary lah bahasa kerennya. Tidak percaya? Dibuka sendiri deh, buka di wikipedia-panitia 9 terus baca laman masing-masing anggotanya 😉

Diantara mereka ada yang fasih lebih dari satu bahasa (Agus Salim bisa 7 bahasa) Bermacam-macam gelar akademik menghiasi nama-nama mereka. Dari Insinyur, Dr, Drs, Bahkan beberapa menyandang gelar Profesor -_- !

Kalau dipikir-pikir, memang sebenarnya negara kita ini penuh orang-orang pintar. Yang ngerumusin negaranya aja pintar-pintar semua. Sampai sekarang juga stok orang pintar di Indonesia tidak bisa dibilang sedikit, tetap banyak seperti dekade-dekade yang telah lewat.

kan lumayan sering  tuh ada berita kayak gini, Putra-putri Indonesia menang olimpiade pelajaran X, di Negara Y, bawa pulang medali sekian, atau Mahasiswa Indonesia ikut Kompetisi internasional bidang Z, menang melawan Negara barat bla bla bla.

Tapi kenapa negara kita lambat sekali majunya ? (Saya ga mau ngomong kalo negara kita ga maju-maju, maju kok tapi ya itu, lambat)

Padahal orang-orang pintarnya banyak..tapi…

Di sektor pembangunan/pengembangan teknologi negeri Katanya sih orang-orang pintarnya pada keluar karena lebih dihargai kepintarannya di negara lain, contoh Pak Habibie..

Oke gapapa, memang begitu adanya kayaknya. Bangsa Indonesia memang pengidap Inferiority kompleks tingkat lanjut. Lebih suka make tenaga profesional asing daripada orang pintar negaranya sendiri.

Di sektor Kepemimpinan-Politik-Hukum juga yang ngisi orang-orang pintar, Anas Urbaningrum, Akil Mochtar misalnya, orang pintar loh mereka. tapi sangat disayangkan kepintarannya.

Pak Presiden SBY juga orang pintar, lulusan akademi militer USA lupa di negara bagian mana, tapi kok negara ya begini-begini aja sekarang? Tanda tanya besar bukan.

Realitanya juga menyedihkan, tuh pada ditangkap satu-satu.. karena orang-orang pintarnya juga pintar korupsi,terus ngeles play victim berlagak korban << paling bikin kesal nih.

Kemarin belum lama saya mengikuti Kajian diskusi DPW KMFH-UGM yang bertema ‘Mendidik Indonesia’

Penjabaran pembicara Mas Eko Prasetyo sangat menarik, beliau berpendapat bahwa sudah saatnya sistem pendidikan Indonesia dirombak total dari bawah. dimulai dari TK kalau perlu.

Agar orang-orang pintarnya lebih kritis, lebih berani, berkarakter dan bertanggung jawab. Hmmm Utopis sekali kedengarannya memang, tapi kalau anda hadir di Kajian diskusi kemarin dan mendengarkan konsep pendidikan yang ditawarkan Mas Eko Prasetyo.

Maka saya jamin, anda juga akan seperti saya, lebih memilih Mas Eko Prasetyo untuk langsung saja naik jadi Menteri Pendidikan.

Lengserkan saja M.Nuh dan Program-program pendidikannya yang tidak berguna itu ! (UN 20 Paket penerapan kacau amburadul bikin susah angkatan 2013 saja hahaha)

Mungkin di lain kesempatan apabila saya sudah mendapat soft file dan rekaman kajian ‘Mendidik Indonesia’ kemarin, akan saya rangkum dan tulis di blog ini 🙂 sekian dulu deh~

Yogyakarta 19 Oktober 2013

Selamat malam.

Iklan